Personal blog of Dedeng Iskandar. Blog yang berisi materi ngaji penulis dan lainnya yang relevan. Boleh tanya-tanya di kolom komentar, atau juga diskusi (no debat). Request, Saran, dan Kritik yang membangun bisa disampaikan di kolom komentar. Salam Satu Hati, Ngaji.

Wednesday, March 22, 2023

Bab Puasa

 الدَّرْسُ الْعِشْرُوْنَ فِيْ الصِّيَامِ

Pelajaran kedua puluh tentang puasa


Puasa (الصَّوْمُ)


الصَّوْمُ هُوَ الْإِمْسَاكُ عَنِ الْمُفَطِّرَاتِ جَمِيْعَ النَّهَارِ بِنِيَّةٍ.

Puasa adalah menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa disiang hari dengan niat.


Waktu wajibnya puasa (وُجُوْبُ الصَّوْمِ)


يَجِبُ صَوْمُ رَمَضَانَ بِاسْتِكْمَالِ شَعْبَانَ ثَلَاثِيْنَ يَوْمًا أَوْ بِرُؤْيَةِ الْهِلَالِ لَيْلَةَ الثَّلَاثِيْنَ.

Waktu wajib untuk berpuasa Ramadhan adalah dengan sempurna nya bilangan hari pada bulan Sya’ban 30 hari atau dengan melihat hilal pada malam ke 30 bulan Sya’ban.


Syarat sah nya puasa (شُرُوْطُ صِحَّةِ الصَّوْمِ)


شُرُوْطُ صِحَّةِ الصَّوْمِ خَمْسَةٌ : الْإِسْلَامُ وَالْعَقْلُ وَالنَّقَاءُ عَنِ الْحَيْضِ وَالنِّفَاسِ وَالنِّيَّةُ لَيْلًا اِنْ كَانَ صَوْمُ فَرْضًا وَالْإِمْسَاكُ عَنِ الْمُفَطِّرَاتِ جَمِيْعَ النَّهَارِ.

Syarat sah puasa itu ada lima : Islam, berakal, suci dari haidh dan nifas,niat dimalam hari jika puasa wajib, dan menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa disiang hari.


Syarat wajib puasa Ramadhan (شُرُوْطُ وُجُوْبِ صَوْمِ رَمَضَانَ)


شُرُوْطُ وُجُوْبِ صَوْمِ رَمَضَانَ أَرْبَعَةٌ : الْإِسْلَامُ وَالْعَقْلُ وَالْبُلُوْغُ وَالْقُدْرَةُ عَلَى الصَّوْمِ, وَيَجِبُ اَنْ يُؤْمَرَ الصَّبِيُّ بِهِ إِذَا بَلَغَ عُمْرُهُ سَبْعَ سِنِيْنَ وَيُضْرَبُ عَلَى تَرْكِهِ إِذَا بَلَغَ عُمْرُهُ عَشْرَ سِنِيْنَ لِيَتَمَرَّنَ عَلَى الصَّوْمِ.

Syarat wajib puasa Ramadhan itu ada 4 : Islam, Berakal, Baligh, dan mampu berpuasa. Dan wajib memerintahkan kepada anak untuk berpuasa apabila telah mencapai usia 7 tahun dan disunnahkan memukulnya jika meninggalkan puasa apabila si anak telah mencapai usia 10 tahun guna melatihnya untuk berpuasa setelah baligh.


Orang yang dibolehkan berbuka (الَّذِيْ يَجُوْزُ لَهُ الْفِطْرُ)


يَجُوْزُ الْفِطْرُ لِلْمُسَافِرِ إِذَا كَانَ سَفَرُهُ طَوِيْلًا مُبَاحًا, وَلِلْمَرِيْضِ إِذَا خَافَ الضَّرَرَو وَلِلْحَامِلِ وَالْمُرْضِعِ إِذَا خَافَتَا عَلَى أَنْفُسِهَمَا أَوْ عَلَى الْوَلَدِ وَيَجِبُ عَلَيْهِمُ الْقَضَاءُ.

Dibolehkan berbuka puasa bagi musafir yang melakukan perjalanan jauh yang mubah, dan orang yang sakit apabila dikhawatirkan dapat memperparah sakitnya, dan juga ibu yang hamil dan menyusui apabila keduanya khawatir terhadap dirinya atau anaknya serta tetap wajib untuk mengqodho puasanya.


Hal-hal yang membatalkan puasa (الْمُفَطِّرَاتُ)


الْمُفَطِّرَاتُ هِيَ أَرْبَعَةُ أَشْيَاءَ : الْأَوَّلُ التَّقَّيُّؤُ عَمْدًا, وَالثَّانِيْ الْوَطْءُ, وَالثَّالِثُ إِخْرَاجُ الْمَنِيِّ, وَالرَّابِعُ وُصُوْلُ عَيْنٍ إِلَى الْجَوْفِ مِنْ مَنْفَذٍ مَفْتُوْحٍ.

Hal-hal yang membatalkan puasa ada 4 : Pertama, muntah dengan sengaja. Kedua, berhubungan badan. Ketiga, mengeluarkan mani. Dan keempat masuknya sesuatu lewat rongga makanan.


Perkara yang disunnahkan saat berpuasa (سُنَنُ الصَّوْمِ)


سُنَنُ الصَّوْمِ هِيَ تَعْجِيْلُ الْفِطْرِ،وَالْفِطْرُ عَلَى تَمْرٍ فَإِنْ يَجِدْ تَمْرًا فَبِالْمَاءِ، وَتَأْخِيْرُ السَّحُوْرِ، وَالْإِكْثَارُ مِنْ تِلَاوَةِ الْقُرْآنِ، وَتَرْكُ الْكَلَامِ الْفَاحِشِ كَالكَاذِبِ وَالْغِيْبَةِ، وَالْإِكْثَارُ مِنَ الصَّدَقَةِ، وَتَرْكُ اسْتِعْمَالِ الطِّبِّ وَتَرْكُ الاِكْتِحَالِ.

Diantara hal yang disunnahkan saat berpuasa adalah menyegerakan berbuka puasa, berbuka dengan kurma, apabila tidak ada kurma maka berbuka dengan segelas air putih, mengakhirkan makan sahur, memperbanyak membaca Al Quran, menjauhi perkataan yang buruk seperti dusta dan ghibah, memperbanyak shodaqoh, dan tidak menggunakan wewangian serta celak mata.


Hari-hari yang diharamkan berpuasa (الْأَيَّامُ الَّتِيْ يَحْرُمُ فَيْهَا صَوْمُهَا)


يَحْرُمُ صَوْمُ عِيْدِ الْفِطْرِ وَعِيْدِ الْأَضْحَى وَالْأَيَّامِ الثَّلَاثَةِ الَّتِيْ بَعْدَهُ وَهِيَ أَيَّامُ التَّشْرِيْقِ وَيَوْمِ الشَّكِّ وَالنِّصْفِ الثَّانِيْ مِنْ شَعْبَانَ إِلَّا اَنْ يَصِلَهُ بِمَا قَبْلَهُ.

Diharamkan berpuasa saat Idul Fitrhi (lebaran), Idul Adha (hari raya qurban), dan 3 hari tasyrik (11,12,13 Dzulhijjah), dan hari syak[1], dan pada 15 hari terakhir bulan syaban kecuali dengan menyambung puasa setelahnya atau sebelumnya.


Hari-hari yang disunnahkan berpuasa (الْأَيَّامُ الَّتِيْ يُسَنُّ صَوْمُهَا)


يُسَنُّ صَوْمُ يَوْمِ الْإِثْنَيْنِ وَالْخَمِيْسِ مِنْ كُلِّ أُسْبوْعٍ وَأَيَّامِ الْبِيْضِ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَهِيَ الثَّالِثَ عَشَرَ وَالرَّابِعَ عَشَرَ وَالْخَامِسَ عَشَرَ وَسِتَّةِ أَيَّامٍ مِنَ شَوَّالٍ وَيَوْمِ عَرَفَةَ وَيَوْمِ عَاشُوْرَاءِ مِنْ كُلِّ سَنَةٍ.

Disunnahkan berpuasa pada hari senin dan kamis dari setiap pekannya, begitu juga hari ayyamul bidh dari setiap bulannya yaitu tanggal 13,14,15 bulan Hijriyah, dan 6 hari setelah tanggal 1 syawwal, hari Arafah, dan hari Asyuro (10 Muharram) dari setiap tahunnya.


[1] Hari terakhir di bulan Syaban.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Visitors